Şimdiki Zaman

Şimdiki Zaman (Keterangan waktu sekarang)

Jika di dalam bahasa inggris dikenal adanya Tenses maka di dalam bahasa Turki juga terdapat aturan semacam tenses ini dalam tata bahasanya, yang pertama yang akan gue tulis disini adalah tentang Şimdiki Zaman (Keterangan waktu sekarang). Tenses tadi dalam bahasa turki lebih umum dikenal dengan sebutan Zamanlar (Keterangan-keterangan waktu). Şimdiki zaman sendiri merupakan keterangan waktu yang paling mudah dan paling sering dipakai dalam bahasa turki, jika dalam bahasa inggris Şimdiki zaman ini bisa disamakan dengan Present Continous Tense

Rumus yang paling umum dipakai adalah sebagai berikut :

  • Fiil + (ıyor/iyor/uyor/üyor) + Şahıs eki

Fiil adalah kata dasar dari kata kerja, bila kita punya kata kerja gelmek (datang) maka bentuk fiilnya adalah “gel” saja.

Sementara Şahıs eki telah dijelaskan sebelumnya di blog ini yaitu adalah sebagai imbuhan kata ganti

Contoh/örnek :

  1. Gelmek –> gel + iyor + um –> Geliyorum (saya sedang datang)

Keterangan :

Gel –> sebagai fiil

iyor –> sebagai imbuhan Şimdiki zaman

um –> sebagai imbuhan dari Şahıs eki yang menyatakan kepemilikan saya

terdapat 4 jenis imbuhan pada Şimdiki zaman, kita gak perlu bingung mau memakai yang mana, yang perlu kita lihat adalah huruf vokal terakhir pada Fiil untuk menentukan imbuhan mana yang akan dipakai, berikut adalah tabel pemakaian imbuhannya berdasarkan huruf vokal terakhir yang ada pada Fiil

Huruf vokal terakhir

Imbuhan

a ı

ıyor

e i

iyor

o u

uyor

ö ü

üyor

Pada kata gelmek diatas karena huruf vokal terakhirnya adalah e maka dia memakai imbuhan iyor.

Berikut contoh lengkap dari pemakaian Şimdiki zaman pada semua jenis Subject

Fiil + imbuhan Şimdiki zaman + Şahıs eki

Subyek

Okumak (membaca)

Gelmek (datang)

Çalısmak (belajar)

Ben (Saya)

Okuyorum (saya sedang….)

Geliyorum

Çalısıyorum

Sen (Kamu)

Okuyorsun (kamu sedang….)

geliyorsun

Çalısıyorsun

O (dia)

Okuyor (dia sedang….)

geliyor

Çalısıyor

Biz (kami)

Okuyoruz (kami sedang….)

Geliyoruz

Çalısıyoruz

Siz (kalian)

Okuyorsunuz (kalian sedang…)

geliyorsunuz

Çalısıyorsunuz

Onlar (mereka)

Okuyorlar (mereka sedang..)

geliyorlar

Çalısıyorlar

Contoh lain dalam pertanyaan

  1. A : Ali ne yapıyor? (Ali sedang apa)

             B : Ali, kitap okuyor (dia sedang membaca buku)

17 Comments

Filed under Tata Bahasa

17 responses to “Şimdiki Zaman

  1. rahmat 93

    kloe bsa contoh@ yg bnyak lge yea….
    aQ mmue belajar sungguh2 yups.
    teşekkür ederim……….:D

  2. Ne yapıyorsun? (kamu sedang apa)
    Müzik dinliyorum (aku sedang mendengarkan musik)

  3. abdul razak

    Salam.gue Abduul Razak dari Malaysia akan ke Istanbul pada 2 septembber 2011 hingga 8 september ini. Gue perlukan seorang tour guide. Mohon info sesiapa yang boleh bantu gue. Terima kasih.

  4. abi fatih

    aku mau ke suriname bisa gak ngajarin aku bahasa jawa, dari pada bahasa turki rempong, sizin yapigi blok cok memnum oldum, cinaba-hak muvaffak kilsin amiiiiin abi fatih, wahyu derste lutfen cok fazla uyuma xixixixixi,,,,,,,,,,,

  5. Merhaba,
    Waaah ini sangat membantu. Bisa ajarkan saya?

  6. ne güzel yaptın kardeşim!🙂
    kalau boleh nambah info nih:

    ada 3 kata istisna (pengecualian) untuk şimdiki zaman grameri, yaitu:
    1. Git.mek
    2. Tat.mak
    3. Et.mek

    apa pengecualiannya?
    Masing2 “t” berubah jadi “d”.
    Contoh:
    1. Gidiyorum (bukan: gitiyorum)
    2. Tadıyorum (bukan: tatıyorum)
    3. Ediyorum (bukan: etiyorum)

    semoga bermanfaat. Başarılı olmaya devam edin.🙂

  7. Dewi

    TESSEKUR EDERIM WAHYUCIM ,,, saya mau menikah dengan orang turki ,,,jadi saya harus belajar bahasa turki dengan sungguh2 ,,,dan blog ini memberi pelajaran bahasa turki yang mudah dipahami,,,cok sagol canim🙂

  8. gerhanaikas

    saya baru lihat blog ini, dan saya suka, sangat bermanfaat. tesekkurler🙂

  9. Hasan Sas

    Punya Subtitle Fetih 1453??

  10. Mau nax’ mna slitan bhsa inggris atau bhs turki.😀

  11. evi

    cok guzel blog. Ben Turkcee calIsI yorum.

    Ben turkcee Tomer ^^

  12. merhaba… abi, hanim, bey…

Leave a Reply

