Matematika Dasar

A. Pembagian

1/2 = yarım

1 (pas) = tam

1/4 = çeyrek

1/3 = uçte bir / bir bölü uç

2/8 = sekizde iki / iki bölü sekiz

4/6 = altıda dört / dört bölü altı

Untuk menyatakan angka-angka seperti di atas, cukup mudah sebenarnya, di sini ada dua variasi dalam pengucapannya, yaitu :

1. Rumus : Angka dibawah + “-e, -a” + angka di atasnya

Contoh : 5/9  = dokuze beş

2. Rumus : Angka di atas + bölü + angka dibawah

Contoh :  6/11 = altı bölü on iki

Dari kedua rumus di atas, mungkin yang nomor 2 akan lebih mudah dipakai dan dihapal karena tidak perlu membalik angka dan memikirkan imbuhan yang dipakai, tapi terserah anda mau pakai yang mana J

B. Persentase

Dalam bahasa turki terdapat sedikit perbedaan dalam penulisan % bila dibandingkan dengan bahasa indonesia. Dalam bahasa Indonesia penulisa % ditulis setelah angkanya, misal 20%. Akan tetapi dalam bahasa turki, mereka menulis % sebelum angkanya, misal %20, %17, % 89, dan seterusnya. Langsung saja akan saya jelaskan bagaimana cara pengucapannya, cekidot :

% dalam bahasa turki disebut yüzde

Rumus : yüzde + angka

Contoh :

1. %10 = yüzde on

2. %27 = yüzde yirmi altı

3. %5 = yüzde beş

4. %98 = yüzde doksan sekız

5. %100 = yüzde yüz

6. dst.🙂

C. Operasi Matematika Sederhana

1. penjumlahan “+” = toplamak –> artı

2. pengurangan “-“ = çıkarmak –> eksi

3. perkalian “x” = çarpmak –> çarpı

4. pembagian “/” = bölmek –> bölü

Keterangan :

Kata yang berhuruf tebal merupakan kata-kata yang dipakai dalam kalimat, sementara kata yang berakhiran –mak merupakan kata kerjanya saja

Untuk tanda “=” bahasa turkinya adalah esit

Contoh :

1. 1 + 1 = 2

–> bir artı bir esit iki

2. 4 – 1 = 3

–> dört eksi bir esit uç

3. 5 X 4 = 20

–> beş çarpı dört esit yirmi

4. untuk pembagian sudah dijelaskan di atas🙂

4 Comments

Filed under Tata Bahasa

4 responses to “Matematika Dasar

  1. muksal

    Slm,saya sangat berterimakasih dengan adanya blog ini! karna saya lgi sklh d trki dan d sini mereka mengharuskan belajar bahasa turki 1 tahun,jadi saya bsa belajar d blog ini,saya harap blog ini sering d update! Tesekkur ederim!

  2. wahyu

    wah senang bisa menemukan blog ini, saya sangat terbantu dengan adanya blog ini karena saya banyak teman org Turki juga, moga kosa kata makin diperbanyak + rumus2nya supaya pengunjung makin bnyk & klo ada referensi tentang belajar bahasa Turki mohon di share ke id yahoo saya ya klo boleh >> haqqi_87@yahoo.co.id :)) tq

    • wah senang juga rasanya bisa membantu,,hehehe
      akan diusahakan untuk terus mengupdatenya,,sekarang msh sibuk kuliah n ujian jadi rada kurang update lagi,,hehehe
      untuk referensi belajar bahasa turki saya belum menemukan, insya allah nanti bisa saya share bila sudah ketemu
      terima kasih sudah berkunjung🙂

Leave a Reply

