TANIŞMA 2

Adam  : Merhaba (HALO/HAI)

Ali        : Merhaba

Adam  : Nasılsın? (apa kabar?)

Ali        : 1. Teşekkür ederim. İyıyim. Sen nasılsın? (terima kasih). (saya baik). (kamu apa kabar?)

2. iyiyim. Teşekkür ederim

3. çok iyiyim (sangat baik)

4. fena değil (lumayan/biasa-biasa saja)

——>> nomor 2,3 dan 4 merupakan variasi jawaban yang bisa dipakai, sementara nomor 1 adalah jawaban yang umum dipakai

Adam  : Teşekkür ederim. Ben de iyiyim. Adin ne?

(terima kasih). (saya juga baik). (nama anda siapa?)


Ali        : Adım Ali. Senin adın ne?

(nama saya Ali). (anda namanya siapa?)

Adam  : Benim adım adam

(nama saya adam)

Ali : soyadınız ne?? (apa nama belakang anda?)

Adam : Soyadım Karim (nama belakang saya Karim)

Ali : Nerelisiniz? (anda berasal dari mana?)

Adam : 1 Türkiyeliyim (saya dari Turki)

2 Endonezyalıyım (saya dari Indonesia)

——>> variasi jawaban yang bisa diberikan

Ali : kaç yaşındasınız? (berapa umur anda?)

Adam : yirmi yaşındayım (saya dua puluh tahun)

Ali : Evli misiniz? (apakah anda sudah menikah?)

Adam : 1. Evet, evliyim (iya, saya sudah menikah)

: 2. Hayır, evliyim değil (tidak, saya belum menikah)

Ali : Kardeşiniz var mı? (apakah anda punya saudara?)

Adam : Kardeşim yok (saya tidak ada saudara)

Evet (iya)

Alı : meşleğiniz ne? (apa pekerjaan anda?)

Adam : ben muhendisim (saya arsitek)

Ali        : Tanıştığımıza memnun oldum (senang bertemu anda)

Adam   : Ben de memnun oldum (saya juga senang bertemu anda)

Kosakata baru

Çok : sangat/banyak

Soyadı : nama belakang

Kaç : berapa

Yaşında : umur

Evli : menikah

Kardeş : sodara

Meşle : pekerjaan

Muhendis : arsitektur

4 Comments

Filed under Kosakata, Tata Bahasa

4 responses to “TANIŞMA 2

  1. wahyu

    apa perbedaan huruf ” ğ, ş, ü, ç ” dgn huruf ” g,s,u,c” biasa ?? gimana cara pengucapannya ?? gimana mengetik huruf tsb coz sedangkan huruf2 di keyboard adl huruf biasa, apa ada kode khusus (maklum ane g’ paham🙂 ) ma’af ni banyak pertanyaan heheheh🙂

    • untuk pengucapan alfabet dalam bahasa turki bisa dilihat disini
      untuk cara mengetik huruf2 turki insya Allah akan saya buatkan tutorialnya,,
      wah ga pa2 koq bnyak pertanyaan,,saya malah seneng🙂
      terima kasih

  2. Muhendiş : insinyur

    arsitektur : mimarlık

    fena değil : tidak buruk

  3. huda

    Ass,,mw nanya ni gan,,kalo bahasa turki tu ada perubahan kata ga???thanks

Leave a Reply

